Arifman, Rizki Nur (2018) PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK N 1 MAGELANG PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
TAS_PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK N 1 MAGELANG_RIZKI NUR ARIFMAN_13504241052.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengawasan, (4) Hasil dan (5) Hambatan dari penyelenggaraan teaching factory di SMK Negeri 1 Magelang Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Magelang dengan responden yang terdiri dari 3 orang pengelola teaching factory, Kepala Sekolah, 15 siswa dan 10 pelanggan bengkel teaching factory. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada penyelenggaraan teaching factory menunjukkan bahwa : (1) Aspek perencanaan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 29,2 dari skor maksimal 37 menurut pengelola, 8,733 dari skor maksimal 12 menurut siswa dan rata-rata 5,4 dari skor maksimal 7 menurut pelanggan. (2) Aspek pelaksanaan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 11,2 dari skor maksimal 12 menurut pengelola, 9,4 dari skor maksimal 10 menurut siswa dan 9,5 dari skor maksimal 10 menurut pelanggan. (3) Aspek pengawasan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 5 dari skor maksimal 5 menurut pengelola dan rata-rata 1,933 dari skor maksimal 2 menurut siswa. (4) Aspek hasil pengawasan termasuk dalam kategori sangat baik berdasarkan kuesioner dengan rata-rata skor sebesar 14 dari skor maksimal 16 menurut pengelola, 2,733 dari skor maksimal 3 menurut kuesioner siswa dan 5,9 dari skor maksimal 6 menurut pelanggan. (5) Hambatan yang dialami dan cara mengatasi antara lain keterbatasan tenaga pengelola/pelaksana teknis, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan kerja sama dengan seluruh guru TKR, selain itu juga dapat dilakukan dengan menambah siswa yang mengikuti kegiatan; keterbatasan peralatan yang dimiliki, solusinya adalah dengan cara meminjam peralatan yang ada di jurusan Teknik Kendaraan Ringan; kesulitan bengkel teaching factory untuk menyamakan SOPnya dengan SOP yang benarbenar sama dengan industri, solusinya adalah melakukan kerjasama dengan industri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aspek, teaching factory, Teknik Kendaraan Ringan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 02:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57121 |
Actions (login required)
View Item |