PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK DISTRIBUTORLESS BERBASIS KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM

RioManto, Putra (2018) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK DISTRIBUTORLESS BERBASIS KOMPUTER DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_12504244034_Putra RioManto.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat media pembelajaran interaktif sistem pengapian elektronik distributorless berbasis komputer di SMK Muhammadiyah Pakem. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif sistem pengapian elektronik distributorless berbasis komputer di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi pada model penelitian dari Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah. Langkah penelitian yang dimaksud adalah (1) Melakukan analisis produk yang akan dikembangkan. (2) Mengembangkan produk awal. (3) Validasi ahli dan revisi. (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk. (5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Analisis produk yang akan dikembangkan berdasarkan data hasil observasi dan wawancara di SMK Muhammadiyah Pakem yang selanjutnya digunakan sebagai pedoman dalam langkah mengembangkan produk awal. Penilaian kelayakan media pembelajaran dilakukan dengan memberikan angket kepada ahli media, ahli materi, pendidik, responden uji coba lapangan skala kecil sebanyak 10 peserta didik dan responden uji coba lapangan skala besar sebanyak 30 peserta didik. Data angket kemudian diolah untuk mendapatkan tingkat kelayakan media pembelajaran dengan melakukan konversi data kuantitatif ke dalam data kualitatif. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran interaktif berbasis komputer dalam bentuk CD (Compact Disk) ataupun disimpan dalam flashdisk/micro sd untuk dioperasikan dalam operating system (OS) windows pada computer atau laptop serta dalam OS android pada perangkat handphone. Hasil penilaian kelayakan dari ahli media mendapatkan rerata total sebesar 3.61 dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kelayakan produk media oleh ahli materi mendapatkan rerata total sebesar 3.68 dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kelayakan produk media oleh pendidik mendapatkan rerata total sebesar 3.56 dalam kriteria sangat layak. Hasil penilaian kelayakan produk media uji skala kecil mendapatkan rerata total sebesar 3.16 dalam kriteria layak. Hasil penilaian kelayakan produk media uji skala besar mendapatkan rerata total sebesar 2.96 dalam kriteria layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran untuk standar kompetensi memeperbaiki sistem pengapian dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, membuat, kelayakan, borg & gall
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2018 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57117

Actions (login required)

View Item View Item