PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Zakiyah, Anis Rani (2018) PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, UNY.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis Android materi sistem sirkulasi pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Cangkringan; (2) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran materi sistem sirkulasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Cangkringan. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dibatasi hingga tahap ADD (Analysis, Design, Development). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen ahli media, 3 dosen ahli materi, 1 guru biologi dan 30 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cangkringan. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kualitas media pembelajaran, angket motivasi belajar siswa, dan soal tes kognitif. Hasil penilaian kualitas media pembelajaran dan peningkatan motivasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis dengan Gain-test. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru biologi dikategorikan baik, dan tanggapan siswa menunjukkan kategori kualitas media sangat baik. Hasil perhitungan skor angket motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar. Hasil Gain-test menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar. Peningkatan skor motivasi dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Android, sistem sirkulasi dan motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 25 Jun 2018 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57116

Actions (login required)

View Item View Item