Wardani, Dwi Kusuma (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN POLA DASAR SISTIM SOEN DI SMKINFORMATIKA WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar sistim soen di SMK Informatika Wonosobo sebelum menggunakan pendekatan saintifik 2) mengetahui pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar sistim soen di SMK Informatika Wonosobo setelah menggunakan pendekatan saintifik 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar sistim soen di SMK Informatika Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe quasieksperiment, dan desain eksperimen yang digunakan nonequivalent pretest dan posttest control group design.Subjek dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK Informatika Wonosobo berjumlah 60 siswa dan seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas X TB1 dan 30 siswa kelas X TB2. Validitas instrumen dibuktikan dengan analisis validitas isi dan validitas konstruk dan reliabilitas menggunakan rumus alfa cronbachdengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16.Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: 1)Pencapaian kompetensi pembuatan pola dasarsistim soen siswa kelas eksperimen sebelum menggunakan pendekatan saintifik di SMK Informatika Wonosobo adalah rata-rata 71,500 dan nilai siswa kelas kontrol adalah rata-rata 71,507. Ini berarti bahwa pencapaian kompetensi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan pendekatan saintifik memiliki pencapaian yang sama 2) Pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar sistim soen siswa kelas eksperimen sesudah menggunakan pendekatan saintifik di SMK Informatika Wonosobo adalah rata-rata 85,078 dan nilai siswa kelas kontrol adalah rata-rata 73,877. Ini berarti bahwa pencapaian kompetensi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan pendekatan saintifik memiliki pencapaian yang berbeda, karena rata-rata yang diperoleh kelas eksperimenlebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas control 3) Ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap pencapaian kompetensi pembuatan pola dasar soen siswa kelas X Tata Busana di SMK Informatika Wonosobo, yang dibuktikan dari hasil uji independent-samples t-test diperoleh nilai thitung> ttabel (2,955> 2,001) dan probability = 0,005 < 0,05 pada tingkat kepercayaan 95% yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, Pembuatan Pola Dasar, SMK |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 02:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |