PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN GERINDA KOMPETENSI MENGASAH END MILL DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Subarno, Erwin Hanari (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN GERINDA KOMPETENSI MENGASAH END MILL DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjabarkan prosedur pengembangan media pembelajaran macromedia flash Teknik Pemesinan Gerinda kompetensi mengasah end mill; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran teknik pemesinan gerinda kompetensi mengasah end mill; dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran teknik pemesinan gerinda kompetensi mengasah end mill. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 2 Yogyakarta. Media pembelajaran macromedia flash yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi teknik pemesinan gerinda dan ahli media pembelajaran. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada 30 siswa. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: (1) prosedur pengembangan media pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Gerinda kompetensi mengasah end mill memodifikasi langkah menurut Sugiyono sehingga terdiri dari 8 langkah, meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, produk siap digunakan; (2) media pembelajaran macromedia flash teknik pemesinan gerinda kompetensi mengasah end mill yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari penilaian media pembelajaran pada kualitas isi dengan rerata skor 4,44 (sangat baik), penilaian kualitas teknis dengan rerata skor 4,19 (baik), dan penilaian kualitas instruksional dengan rerata skor 4,15 (baik); (3) tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran macromedia flash teknik pemesinan gerinda kompetensi mengasah end mill yang dikembangkan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari penilaian kualitas instruksional oleh siswa yang berdasarkan indikator peran dalam membantu peserta didik dalam memahami materi serta menumbuhkan motivasi belajar siswa di dapatkan skor 4,46 masuk dalam klasifikasi kelayakan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, media pembelajaran macromedia flash, teknik pemesinan gerinda
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2018 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57111

Actions (login required)

View Item View Item