PENGARUH KOMBINASI LATIHAN HAND GRIP DAN DUMBBELL ROWING TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT JARI TANGAN DAN AKURASI MEMANAH

Julita, Rani (2018) PENGARUH KOMBINASI LATIHAN HAND GRIP DAN DUMBBELL ROWING TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT JARI TANGAN DAN AKURASI MEMANAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RANI JULITA_14601244021-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kondisi fisik peserta ekstrakurikuler panahan yang belum maksimal, terutama masalah belum memiliki kekuatan otot jari penarik tali busur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi latihan handgrip dan dumbbell rowing terhadap peningkatan kekuatan otot jari tangan dan akurasi memanah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian one group pre test-post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Sebelum dilaksanakan treatment dilaksanakan pre test dan setelah melakukan treatment dilaksanakan post test. Analisis data untuk menguji hipotesis yang digunakan uji t paired t test (before after). Hasil penelitian diketahui bahwa t hitung kekuatan otot jari tangan (5,771) > lebih besar dari t tabel (1,76), dengan nilai p (0,000) < dari 0,05, dan nilai t hitung skor jarak 30 meter (7,359) > lebih besar dari t tabel (1,76), dengan nilai p (0,000) < dari 0,05. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan ada Pengaruh dari kombinasi Latihan Handgrip dan Dumbbell Rowing Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Jari Tangan dan Akurasi Memanah pada Siswa Putri Peserta Ekstrakurikuler Panahan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: handgrip, dumbbell rowing, kekuatan otot jari tangan, akurasi memanah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 May 2018 03:01
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57100

Actions (login required)

View Item View Item