PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Nia Sartika, Nia Sartika (2011) PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
uuuu.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inventori kesiapan kerja pada siswa SMK yang memenuhi persyaratan validitas dan realibilitas, sehingga dapat mengukur dan mengungkap kesiapan kerja pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan inventori kesiapan kerja pada siswa SMK menggunakan langkahlangkah dasar pengembangan dan menyusunan skala psikologis menurut Saifuddin Azwar yang terdiri dari 10 langkah yaitu : identifikasi tujuan ukur, operasionalisasi konsep, penskalaan & pemilihan format stimulus, penulisan aitem, uji coba, analisis aitem, kompilasi I seleksi aitem, pengujian validitas & reliabilitas, kompilasi II format final. Subjek yang digunakan adalah dua orang ahli yang berkompeten (profesional judgement) dan siswa kelas tiga SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah inventori kesiapan kerja yang telah disusun peneliti dan lembar penilaian inventori kesiapan kerja untuk ahli dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk validitas isi menggunakan penilaian profesional (profesional judgement), untuk menghitung validitas aitem digunakan teknik korelasi aitem-total Pearson, dan untuk menghitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach. Sedangkan data kualitatif hasil penilaian ahli dan 40 orang siswa berupa saran, kritik, dan tanggapan dideskripsikan sesuai data yang ada. Hasil review aitem oleh ahli terdapat beberapa masukan sehingga inventori kesiapan kerja pada siswa SMK dinyatakan telah memenuhi validitas isi dan validitas konstruk. Uji coba kelompok kecil pada 40 siswa kelas tiga SMK N 4 Yogyakarta menunjukkan bahwa setiap aitem mudah dipahami dan hasil uji statistik menunjukkan dari 64 aitem terdapat 16 aitem yang dinyatakan gugur karena memiliki korelasi aitem-total <0,20 dengan koefisien reliabilitas 0,72. Uji coba kelompok besar dilakukan kepada 130 siswa. Dari 48 aitem terdapat 2 aitem yang dinyatakan gugur karena memiliki korelasi aitem-total <0,20, dengan koefisien reliabilitas 0,73. Dengan demikian format final inventori kesiapan kerja pada siswa SMK ini terdiri dari 46 aitem pernyataan yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas, serta dilengkapi dengan pedoman penyelenggaraan inventori kesiapan kerja pada siswa SMK. Norma sebagai pedoman untuk menentukan tingkat kesiapan kerja siswa SMK adalah 46-114: Rendah, 115-160: Sedang, dan 161-184: Tinggi. Kata kunci : inventori, kesiapan kerja, siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:28
Last Modified: 29 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item