Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri

K, Fatimah (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah Puteri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis_-fatimah-k-15713251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri santri di pondok pesantren Darul Hijrah Puteri. Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang menunjukkan masih minimnya pemberian layanan bimbingan kelompok dalam membantu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri, dan sebagian santri masih melanggar peraturan tata tertib pondok pesantren Darul Hijrah Puteri Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian dengan menggunakan pre-test post-test control group design. Sampel yang dipilih yaitu santri kelas IV A SMP Darul Hijrah Puteri. Sampel 30 yang dikelompokkan masing-masing 2 kelompok, yaitu 15 santri kelompok eksperimen dan 15 santri kelompok kontrol. Teknik sampling adalah teknik teknik random sampling jenis random assignment. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis penyesuaian diri. Teknik analisis data yang digunakan yakni Uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji Wilcoxon untuk kelompok eksperimen menunjukkan nilai Z yang didapat sebesar -3,410 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,001. Sementara untuk kelompok kontrol nilai Z yang didapat sebesar -1,000 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,317. Dari hasil perhitungan post-test untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka nilai Z yang didapat sebesar -3,408 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,001. Karena nilai 0,001 lebih kecil dari < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diartikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan kelompok nilai Post-test dalam meningkatkan penyesuaian diri di pondok pesantren. Dengan demikian teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri santri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teknik Sosiodrama, Penyesuaian diri, Santri kelas IV A.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 May 2018 02:56
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57092

Actions (login required)

View Item View Item