MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PONJONG IV GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012

Pratikno, Heru (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PONJONG IV GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Heru Pratikno.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Ponjong IV dengan pembelajaran group investigation. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ponjong IV dengan jumlah siswa 25 anak. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis, lembar observasi, dan lembar pengamatan pembelajaran Group Investigation. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dengan membandingkan pembelajaran antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dan akivitas siswa. Penerapan metode ini didasarkan pada 3 konsep utama, yaitu: penelitian atau inquiry, pengetahuan, dinamika belajar kelompok. Proses pembelajaran berisi serangkaian aktivitas yang diorganisasikan, difokuskan pada pertukaran informasi terstruktur yang bersifat sosial, dan pembelajaran yang bertanggungjawab atas tugasnya masing-masing. Metode pembelajaran Group Iinvestigation menyajikan pemecahan masalah sesuai dengan minat siswa, sehingga terjadi proses dinamika siswa dalam memberikan respon terhadap suatu masalah dan memecahkannya. Pembagian tugas kepada setiap siswa dalam investigasi kelompok memberikan komitmen yang kuat kepada siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Proses tatap muka bagi setiap anggota menciptakan perbedaan pendapat, saling tukar pikiran, dan informasi yang membantu dalam meningkatkan ketrampilan sosial dan komunikasi siswa. Hasil tes pada siklus I ada 15 siswa atau 60 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75, sedangkan pada siklus II ada 22 siswa atau 88 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Nilai rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 74,48, sedangkan pada siklus II yaitu 82,88. Rata-rata keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPA pada siklus I sebanyak 69,07 %, sedangkan pada siklus II sebanyak 83,20 % siswa aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Metode Pembelajaran Group Investigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item