UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBUNGMACAN 3 KABUPATEN SRAGEN

Cholifatin, Nurul Afifah (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS IV SD NEGERI SAMBUNGMACAN 3 KABUPATEN SRAGEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nurul Afifah C.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IVdi SD Negeri Sambungmacan 3, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN Sambungmacan 3, Kabupaten Sragen yang berjumlah 19 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horaymeningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Sambungmacan 3. Hal tersebut dilihat dari tes hasil belajar siswa mencapai KKM diatas 75%. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 50,94 dengan ketuntasan 26,31%. Pada siklus I nilai rata-rat kelas mencapai 70,526 dengan ketuntasan 57,89%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,73 dengan ketuntasan 84,21%, berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Sambungmacan 3, Kabupeten Sragen. Kata kunci : Hasil belajar danCourse Review Horay

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 May 2018 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 16:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57079

Actions (login required)

View Item View Item