UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TEKNIK PEMODELAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS I SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA

Indriamukti, Eufrasia Findrianasari (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TEKNIK PEMODELAN TEMAN SEBAYA SISWA KELAS I SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
EUFRASIA FINDRIANASARI I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi dan kemampuan membaca puisi anak pada siswa kelas I SD Negeri Kotagede 5 melalui teknik pemodelan teman sebaya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kotagede 5, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Kotagede 5 yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian adalah lembar penilaian kemampuan membaca puisi anak, lembar observasi, dan lembar catatan lapangan. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya capaian aktivitas guru dan siswa. Capaian aktivitas guru pada siklus I sebesar 70 meningkat menjadi 84 di siklus II. Sedangkan capaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,7 meningkat menjadi 86,8 di siklus II. Berdasarkan tes unjuk kerja pada siklus I setelah menggunakan teknik pemodelan teman sebaya, nilai keampuan membaca puisi meningkat dari 68,6 menjadi 70 dengan ketuntasan belajar juga meningkat dari 21,4% menjadi 57,1%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata 80,4 dengan ketuntasan belajar 81,5%. Kata kunci: teknik pemodelan teman sebaya, kemampuan membaca puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 May 2018 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57078

Actions (login required)

View Item View Item