PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI WONOSARI 1 GUNUNGKIDUL

Mardani, Chandra (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI WONOSARI 1 GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
CHANDRA MARDANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah di SD Negeri Wonosari 1 Gunungkidul. Empat pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wonosari 1 Jalan Brigjen Katamso Nomor 11 Wonosari Gunungkidul dengan subjek penelitian perwakilan siswa kelas 1 sampai dengan kelas V, guru kelas III dan kelas IV, serta kepala sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SD Negeri Wonosari 1 melaksanakan pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah dilakukan dalam kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian. Pendidikan karakter peduli sosial yang dilakukan melalui kegiatan rutin adalah: a) pembiasaan budaya 5S (senyum, salam, salim, sapa, santun), b) pembiasaan penjaga sekolah membantu siswa, c) pembiasaan bekerja sama dalam membersihkan halaman sekolah, d) pembiasaan menghargai perbedaan di sekolah, e} pembiasaan melakukan kegiatan secara bersama-sama, f) pembiasaan kebersamaan melalui kegiatan jalan-jalan, dan g) pembiasaan infak jumat. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan spontan dilakukan dengan memberikan dorongan dan kontrol terhadap siswa sehingga siswa senantiasa berbuat peduli terhadap orang lain secara spontan. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui keteladanan yaitu dengan memberikan keteladanan langsung melalui sikap dan perilaku guru. Pelaksanaan pengondisian dilakukan baik secara fisik maupun nonfisik yang mendukung pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah. Kata kunci: pendidikan karakter, peduli sosial, budaya sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 May 2018 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57076

Actions (login required)

View Item View Item