INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DAN IDENTIFIKASI JALUR SESAR DI KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO DENGAN METODE GEOMAGNET

Hayuning Tiyas, Fery catur Saputri and Darmawan, Denny (2018) INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DAN IDENTIFIKASI JALUR SESAR DI KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO DENGAN METODE GEOMAGNET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Full skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola sebaran anomali medan magnet, mengetahui struktur bawah permukaan serta mengidentifikasi jalur sesar di kawasan jalur sesar Kecamatan Bagelen dengan menggunakan metode geomagnet. Penelitian dilakukan di Desa Kalirejo, Clapar, Hargorejo, Soko, Semagung, Semono, Sokoagung, dan Somorejo Kecamatan Bagelen. Pengambilan data dibatasi pada koordinat 7o46’40,58” – 7o49’23,99” LS dan 110o1’22,65” – 110o3’33,46” BT. Penelitian dilakukan menggunakan satu set alat Proton Precession Magnetometer merek Geometrics tipe G-856. Pengukuran dilakukan pada 75 titik pengukuran di Kecamatan Bagelen dengan jarak antar titik 500m. Tahapan pengolahan data dilakukan dengan koreksi variasi harian, koreksi IGRF, koreksi topografi, reduksi ke kutub, kontinuasi ke atas, SVD, serta pemodelan 2D dan 3D. Nilai anomali medan magnet pada wilayah penelitian berada pada rentang -500 nT sampai 862 nT. Nilai tersebut disumbangkan oleh formasi-formasi batuan penyusun wilayah penelitian yaitu Kebobutak, Andesit, Dasit, dan Aluvium. Berdasarkan hasil pemodelan 2D, 3D maupun analisis SVD, diketahui bahwa keberadaan jalur sesar di kawasan penelitian bukan merupakan suatu jalur sesar yang berkemenerusan melainkan berupa segmen-segmen pada daerah tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecamatan Bagelen, metode geomagnet, sesar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:32
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57074

Actions (login required)

View Item View Item