Pengembangan Buku Pengayaan IPA Online tentang Energi Kalor dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Dewantari, Nuryunita (2018) Pengembangan Buku Pengayaan IPA Online tentang Energi Kalor dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuryunita-dewantari-15708251015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku pengayaan IPA online energi kalor dalam kehidupan yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari aspek validitas dan efektifitas; (2) mengetahui keefektifan buku pengayaan IPA online energi kalor dalam kehidupan dalam meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: tahap (1) analysis, (2) design, (3) development and production, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian adalah 75 siswa SMP Negeri 1 Kradenan semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, dengan rincian: (1) uji coba awal dengan 15 siswa dan (2) uji coba utama dengan 60 siswa yaitu 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa: (1) angket yang terdiri dari lembar penilaian untuk validasi produk, dan angket respon siswa, (2) lembar observasi, (3) tes hasil belajar. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap buku pengayaan IPA online yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa hasil penilaian validator, nilai tes hasil belajar, kemandirian belajar siswa, respon siswa terhadap buku pengayaan IPA online, dan hasil observasi kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, gain score, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan IPA online layak digunakan untuk pembelajaran IPA berdasarkan validitas, efektiftas, dan praktibilitas. Berdasarkan penilaian validator buku pengayaan IPA online yang dikembangkan valid. Data efektifitas diperoleh dari uji F dengan nilai signifikasi = 0,000 < 0,05 yang artinya dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan buku pengayaan IPA terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar (kognitif) siswa belajar. Hal ini menunjukkan bahwa buku pengayaan IPA online efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar (kognitif) IPA siswa. Data praktibilitas diperoleh dari angket respon siswa terhadap buku pengayaan IPA yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 49, 1 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan IPA online, energi kalor dalam kehidupan, kemandirian belajar, hasil belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 May 2018 02:35
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57069

Actions (login required)

View Item View Item