Oktianto, Argian (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN SUPRA X TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Argian Oktianto_15504247001.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap motivasi belajar. (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experiment . Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar penggunaan media pembelajaran sistem penerangan dan variabel hasil belajar. Penelitian dilakukan pada siswa SMK Muhammadiyah Pakem kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM). Pengumpulan data motivasi belajar siswa dilakukan dengan teknik kuesioner, sedangkan hasil belajar siswa dengan tes berupa soal. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap motivasi belajar, dapat dilihat hasil pengujian t yang didapat yaitu taraf signifikansi melebihi 0.05 (0,483 > 0,05). (2) ada pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap terhadap hasil belajar, Adapun hasil pengujian hasil belajar taraf signifikansi melebihi 0.05 (0,01 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran sistem penerangan terhadap hasil belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah Pakem.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 01:49 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57061 |
Actions (login required)
View Item |