RELEVANSI KOMPETENSI SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI OTOMOTIF DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Suratijo, Suratijo (2018) RELEVANSI KOMPETENSI SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI OTOMOTIF DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
a. Naskah Tugas Akhir Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR), (2) Kompetensi yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) Otomotif ATPM di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan (3) Tingkat relevansi kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Kompetensi yang dibutuhkan Dunia Usaha dan Dunia Industri Otomotif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 10 orang responden dari 5 SMK dan terdiri dari 1 ketua kompetensi keahlian dan 1 guru SMK Kompetensi Keahlian TKR. Serta 10 orang responden yang berasal dari 10 DU/DI Otomotif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Instrumen Angket penelitian, (2) Wawancara (RPP), dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kompetensi yang diajarkan pada SMK Kompetensi Keahlian TKR di Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari 6 kelompok kompetensi dan terdapat 107 Kompetensi dasar yaitu 10 kompetensi dasar pada gambar teknik otomotif, 14 kompetensi dasar pada teknik dasar otomotif, 13 kompetensi dasar pada pekerjaan dasar teknik otomotif, 21 kompetensi dasar pada pemeliharaan mesin kendaraan ringan, 28 kompetensi dasar pada pemeliharaan chassis dan pemindah tenaga, dan 21 kompetensi dasar pada pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan (2) Semua Kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian TKR dibutuhkan DU/DI Otomotif di Daerah Istimewa Yogyakarta namun terdapat beberapa tambahan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI yang belum diajarkan, dan (3) Relevansi Kompetensi yang dijarkan di SMK Kompetensi Keahlian TKR di Yogyakarta dengan kebutuhan DU/DI kategori cukup relevan ada 2 (2%) kompetensi dasar, kemudian untuk kompetensi yang relevan ada 20 (19%) kompetensi dasar. Sisanya sebanyak 85 (79%) kompetensi dasar memiliki tingkat relevansi sangat relevan. Secara umum relevansi kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian TKR sangat relevan dengan yang dibutuhkan DU/DI otomotif di DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, kompetensi yang diajarkan, kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2018 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57054

Actions (login required)

View Item View Item