PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER TOOLS PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH

Wihadian,, Muharram (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER TOOLS PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
12504241037-Muharram Wihadian-Tugas Akhir Skripsi.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran Power Tools pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di jurusan Teknik Sepeda Motor Kelas X SMK Negeri 2 Pengasih. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D, terdiri dari (1) tahapan pendefinisian, (2) tahapan perancangan, (3) tahapan pengembangan yaitu tahapan validasi ahli materi, ahli media, dan guru dan revisi. Selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba skala besar sebanyak 33 siswa, subyek uji coba adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 2 Pengasih. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa instrumen penilaian untuk para ahli dan angket untuk siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan (4) penyebarluasan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran P o w e r T o ols ini berupa folder yang berisi 22 file dengan ukuran memori data 344 MB (secara keseluruhan). Media ini dioperasikan dengan sistem operasi pada komputer minimal windows 2000 sampai yang terbaru windows 10 , processor intel pentium 4 / A M D A t hlo n 6 4 p r o c e s s o r . R A M 2 G B ( 3 G B r e c o m m e n d e d ) , r e s olution 1024x768 display (1280x800 recommended) dengan tampilan audio visual yang dilengkapi video pembelajaran yang menarik. Kemudian diperoleh penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran dengan hasil sebagai berikut, (1) dari penilaian ahli materi didapatkan rerata skor 4,5 (kategori sangat layak), (2) penilaian dari ahli media didapatkan rerata skor 4,2 (kategori layak), (3) penilaian dari guru didapatkan rerata skor 4,4 (kategori sangat layak), (4) hasil uji coba lapangan terbatas didapatkan rerata skor 3,39 (kategori cukup layak), (5) hasil uji coba lapangan lebih luas didapatkan rerata skor 4,05 (kategori layak). Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Power Tools ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, tingkat kelayakan media pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2018 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57052

Actions (login required)

View Item View Item