Palupi, Henny Arista (2012) STUDI TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI GUGUS KARANG MALANG KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Henny Arista Palupi.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran IPS kelas V SD di gugus Karang Malang kecamatan Bruno kabupaten Purworejo, yaitu pada SD Negeri 1 Gowong, SD Negeri Brunosari, SD Negeri 1 Bruno dan SD Negeri 2 Bruno. Subyek penelitian ini adalah 5 orang guru kelas pada 4 SD di gugus Karang Malang kecamatan Bruno kabupaten Purworejo yang menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran IPS kelas V, yang terdiri dari 1 orang guru dari SD Negeri 1 Gowong, 2 orang guru dari SD Negeri Brunosari, 1 orang guru dari SD Negeri 1 Bruno dan 1 orang guru dari SD Negeri 2 Bruno. Data diperoleh dengan teknik observasi terhadap 5 orang guru yang menjadi subyek penelitian. Objek penelitian ini berupa kemampuan guru dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran IPS kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pengumpulan data, yaitu (1) pedoman observasi, (2) pedoman wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan guru kelas V dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran IPS di Gugus Karang Malang Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa di $ SD menjawab bahwa inkuiri dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran IPS. Kurang dari 20% siswa yang mengalami hambatan ketika guru menerapkan metode inkuiri. Artinya, metode inkuiri yang dilakukan secara klasikal pada pembelajaran IPS kelas V, dapat diterima oleh lebih dari 70% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Mengenai kemampuan guru dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran IPS, lebih dari 70% jumlah siswa menjawab bahwa guru IPS memiliki kemampuan dalam menerapkan metode inkuiri. Hambatan yang dialami oleh beberapa siswa ketika guru menerapkan metode inkuiri adalah (1) tidak semua siswa dapat belajar secara mandiri, (2) media pembelajaran yang kurang, (3) sarana dan prasarana yang terbatas, (4) kurang komunikatif dengan siswa serta (5) kurang motivasi Kata kunci: kemampuan guru, metode inkuiri, pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 08:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5705 |
Actions (login required)
View Item |