PENGARUH BOW TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN OTOT LENGAN DAN AKURASI MEMANAH PADA ATLET UKM PANAHAN UNY

Baskoro, Riko Adi (2018) PENGARUH BOW TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN OTOT LENGAN DAN AKURASI MEMANAH PADA ATLET UKM PANAHAN UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
combinepdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pelatihan fisik yang diselenggarakan secara resmi oleh Perpani Indonesia yang berdampak pada minimnya pengetahuan pelatih tentang sistem latihan fisik bagi atlet panahan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bow training terhadap daya tahan otot lengan dan akurasi memanah pada atlet UKM Panahan UNY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Disain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan “One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pengukuran akurasi dan daya tahan otot lengan. Subjek penelitian ini adalah atlet UKM Panahan UNY sebanyak 13 orang. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh treathment bow training terhadap daya tahan otot lengan, 2) ada pengaruh treathment bow training terhadap akurasi memanah pada atlet UKM Panahan UNY. Telah terbukti dari hasil mean posttest terhadap pretest akurasi memanah adalah 24,54 dan hasil mean posttest terhadap pretest daya tahan otot lengan adalah 10,11. Dan dibuktikan dari hasil uji T yaitu nilai t hitung (8,851)>t tabel (2,179), dan nilai p (0,000) < dari 0,05, sedangkan untuk data yang diperoleh bow training terhadap akurasi memanah yaitu, nilai t hitung (5,166) > t tabel (2,179), dan nilai p (0,000) < dari 0,05. Berdasarkan hasil dari kedua uji t tersebut menunjukan jika nilai t hitung> t tabel, dengan demikian Ha: ditterima dan Ho: ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bow Training, Daya Tahan Otot Lengan, Akurasi Memanah
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 May 2018 08:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57049

Actions (login required)

View Item View Item