OPTIMASI PRODUKSI AIR MINERAL KEMASAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN NONLINEAR DENGAN MENGAPLIKASIKAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND PADA PT. MITRA TIRTA BUWANA

Sagita, Della Ayu and Sari, Eminugroho Ratna (2018) OPTIMASI PRODUKSI AIR MINERAL KEMASAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN NONLINEAR DENGAN MENGAPLIKASIKAN ALGORITMA BRANCH AND BOUND PADA PT. MITRA TIRTA BUWANA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Optimasi merupakan proses penyelesaian masalah yang bertujuan untuk menemukan kondisi terbaik yang mampu memberikan nilai maksimum atau minimum. Masalah optimasi sering muncul dikehidupan sehari-hari terutama masalah optimasi dalam bentuk nonlinear. Salah satu masalah optimasi adalah optimasi produksi air mineral kemasan di PT. Mitra Tirta Buwana yang ingin memaksimalkan hasil penjualan. Adapun produk yang digunakan sebagai variabel adalah produk cup 240 ml, botol 600 ml, dan botol 1500 ml. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk suatu model matematika nonlinear dengan mengidentifikasi alat pendekatannya untuk memperoleh model nonlinear terbaik, untuk menyelesaikan model nonlinear yang telah dilinearisasi dengan bantuan algoritma branch and bound, dan untuk memperoleh hasil penjualan optimum pada produksi air mineral kemasan di PT. Mitra Tirta Buwana. Pendekatan pada model nonlinear dilakukan menggunakan fungsi polynomial dua, polynomial tiga, dan polinomial empat. Berdasarkan galat dari setiap pendekatan model tersebut diperoleh bahwa pendekatan terbaik adalah pendekatan fungsi polynomial dua. Kemudian, pendekatan model nonlinear polynomial dua dilinearisasi menggunakan syarat Karush Kuhn Tucker(KKT). Langkah-langkah linearisasi menggunakan syarat KKT adalah membentuk syarat KKT untuk fungsi nonlinear, mengidentifikasi complementary slackness, menambah variable buatan untuk setiap syarat KKT yang tidak memiliki variabel basis, menentukan fungsi tujuan baru yang linear yaitu memaksimumkan fungsi tujuan. Setelah diperoleh model linear kemudian model tersebut diselesaikan dengan mengaplikasikan algoritma branch and bound. Hasil penelitian pada optimasi produksi air mineral kemasan yang diperoleh sebagai solusi optimum adalah 1656 karton produk cup 240 ml, 70 karton produk botol 600 ml, dan 9 karton produk botol 1500 ml. Sehingga, diperoleh hasil penjualan optimum adalah Rp24.199.070,-. Kata kunci :optimasi, air mineral, pemrograman nonlinear, syarat Karush Kuhn Tucker, algoritma branch and bound.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 12 Jul 2018 05:47
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57047

Actions (login required)

View Item View Item