UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS II SD KANISIUS WATES

Novitasari, Novitasari (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS II SD KANISIUS WATES. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pembagian menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas II SD Kanisius Wates. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilaksanakan di SD Kanisius Wates pada Februari-Maret 2018 dengan subjek 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes esai soal cerita pembagian, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya ≥80% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 71; serta aktivitas guru dan siswa berada pada kategori Sangat Baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PMRI dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pembagian pada siswa kelas II SD Kanisius Wates. Nilai rata-rata tes prasiklus 62,42; tes siklus I 84,46; dan tes siklus II 87,00. Sedangkan persentase ketuntasan tes prasiklus 41,67%, tes siklus I 75,00%, dan tes siklus II 87,50%. Persentase aktivitas guru meningkat dari 71,02% (Baik) pada siklus I menjadi 85,23% (Sangat Baik) pada siklus II. Persentase aktivitas siswa meningkat dari 68,06% (Baik) pada siklus I menjadi 83,33% (Sangat Baik) pada siklus II. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita, pembagian, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 May 2018 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57042

Actions (login required)

View Item View Item