Janah, Nurul Fatul (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V DI SD SEROPAN KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI (NURUL FATUL JANAH_12601241024_PJKR).pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SD Seropan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Seropan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul tahun 2017/2018, sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar penilaian passing bawah, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SD Seropan selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan hasil belajar siswa dari 20 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 75 hanya 4 sampai 6, dan pada siklus I meningkat menjadi 10 sampai 14 siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 17 sampai 18 siswa yang mencapai nilai KKM 75 bahkan lebih. Sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut sudah lebih dari 75% siswa yang tuntas belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran kooperatif, passing bawah, bola voli |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 18 May 2018 04:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57037 |
Actions (login required)
View Item |