SURVEI TINGKAT KEKUATAN OTOT TANGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PUNGGUNG, KEKUATAN OTOT PERUT, DAN FLEKSIBILITAS KOMUNITAS ALKIDCALISTHENICS YOGYAKARTA

Puspa A N P, Aloysius Claudio (2018) SURVEI TINGKAT KEKUATAN OTOT TANGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PUNGGUNG, KEKUATAN OTOT PERUT, DAN FLEKSIBILITAS KOMUNITAS ALKIDCALISTHENICS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALOYSIUS CLAUDIO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Calisthenics merupakan salah satu bentuk latihan bodyweight exercise atau latihan kekuatan dan fleksibilitas yang tidak membutuhkan beban tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kekuatan otot tangan, kekuatan otot lengan, kekuatan otot punggung, kekuatan otot perut, dan fleksibilitas komunitas Alkidcalisthenics Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode penelititan yang digunakan adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Subjek dan populasi dalam penelitian ini adalah komunitas Alkidcalisthenics Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah total populasi yaitu semua anggota komunitas Alkidcalisthenics yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari 5 item tes, yaitu tes kekuatan otot tangan dengan handgrip dynamometer, tes kekuatan otot lengan dengan push-up 30 detik, tes kekuatan otot punggung dengan back dynamometer, tes kekuatan otot perut dengan sit-up 30 detik, dan tes fleksibilitas dengan sit and reach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis tes dengan t-skor; diperoleh hasil bahwa kekuatan otot tangan, kekuatan otot lengan, kekuatan otot punggung, kekuatan otot perut, dan fleksibilitas komunitas Alkidcalisthenics berada dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: calisthenics, kekuatan, fleksibilitas
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 May 2018 04:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57036

Actions (login required)

View Item View Item