PENGALAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI

Afrilia, Anita Nur (2018) PENGALAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Anita Nur Afrilia_14601241065.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep tentang pendidikan inklusi masih relatif baru di dunia pendidikan Indonesia. Inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor terbatasnya informasi ilmiah mengenai pendidikan inklusi dalam literatur pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk menginvestigasi pengalaman yang dimiliki guru pendidikan jasmani dalam mengajar peserta didik penyandang disabilitas di sekolah inklusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan penelitian adalah 10 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data dikumpul dengan teknik wawancara mendalam dan wawancara dengan teknik photo-elicitation. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri akan tetapi dalam menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Analisis data menggunakan 2 dari 4 prosedur yang direkomendasikan dalam pendekatan penelitian fenomenologi, yaitu horizonalisasi dan diskripsi tekstural. Hasil Penelitian menyajikan deskripsi tekstural pengalaman pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa pengalaman pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi meliputi (1) latar belakang pendidik, (2) perencanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi, (3) pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi, (4) penilaian pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi, (5) modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani, dan (5) faktor penghambat dan pendukung pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fenomenologi, pembelajaran, pendidikan jasmani inklusi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2018 04:47
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57028

Actions (login required)

View Item View Item