PERBEDAAN TINGKAT DISIPLIN ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 TEMPEL SLEMAN

Joelfans, Edwin (2018) PERBEDAAN TINGKAT DISIPLIN ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Edwin Jolefans-14601241026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan non olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat disiplin antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler non olahraga di SMP Negeri 2 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa VII dan VIII SMP N 2 Tempel Sleman, yang terdiri dari 8 kelas dan jumlah populasi keseluruhannya adalah 256 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler olahraga 40 orang dan non olahraga 40 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat disiplin antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler non olahraga Di SMP Negeri 2 Tempel. Dilihat bahwa t hitung sebesar 0,881< 1,99 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi probability 0,381 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: disiplin, ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2018 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57027

Actions (login required)

View Item View Item