KARAKTER ATLET PELAJAR PANAHAN DI KABUPATEN KULON PROGO

Kurniawati, Ika Sept (2018) KARAKTER ATLET PELAJAR PANAHAN DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Ika Septi-PJKR-FIK-UNY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter atlet pelajar panahan di Kabupaten Kulon Progo. Olahraga mewadahi pelajar untuk mengembangkan peran karakter melalui kegiatan yang positif. Olahraga memiliki peran strategis dalam internalisasi karakter yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan nasihat, simulasi dan diskusi, misalnya dalam praktik nyata permainan dan latihan anak. Cabang olahraga panahan mempunyai peran stategis untuk membentuk karakter atlet pelajar di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh peristiwa/perilaku, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah diujicobakan dengan 30 atlet pelajar panahan di Kota Yogyakarta dengan taraf signifikansi 5% diketahui validitas 0,312 dan reabilitas 0,911. Subjek penelitian ini adalah atlet pelajar panahan di Kabupaten Kulon Progo sebanyak 40 atlet pelajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian karakter atlet pelajar panahan di Kabupaten Kulon Progo sebagian besar pada kategori baik dengan persentase sebesar 37,5 %, pada ketegori cukup sebesar 25 %, pada kategori kurang sebesar 17,5 % dan pada kategori sangat kurang sebesar 10 %, dan kategori sangat Baik 10 %. Hasil penelitian tersebut disimpulkan diketahui karakter atlet pelajar panahan di Kabupaten Kulon Progo adalah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Karakter, atlet pelajar, olahraga panahan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 May 2018 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57022

Actions (login required)

View Item View Item