Hubungan Pemahaman Sejarah Nasional Indonesia, Minat Belajar Sejarah dan Kesadaran Sejarah dengan Sikap Nasionalisme

Salsabila, Cintatia (2018) Hubungan Pemahaman Sejarah Nasional Indonesia, Minat Belajar Sejarah dan Kesadaran Sejarah dengan Sikap Nasionalisme. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-cintatia-salsabila-16718251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan pemahaman sejarah nasional Indonesia dengan sikap nasionalisme, (2) hubungan minat belajar sejarah dengan sikap nasionalisme, (3) hubungan kesadaran sejarah dengan sikap nasionalisme (4) hubungan pemahaman sejarah nasional Indonesia, minat belajar sejarah dan kesadaran sejarah dengan sikap nasionalisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 132 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengungkap data tentang pemahaman sejarah nasional Indonesia, sedangkan angket digunakan untuk mengungkap minat belajar sejarah, kesadaran sejarah dan sikap nasionalisme. Validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-21 dan Alpha Cronbach’s. Prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment, korelasi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman sejarah nasional Indonesia dan sikap nasionalisme yang ditunjukan dengan rhitung 0,503 > rtabel 0,176 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan efektif 11,7%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar sejarah dengan sikap nasionalisme yang ditunjukan dengan rhitung 0,599 > rtabel 0,176 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan efektif 20,1%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesadaran sejarah dengan sikap nasionalisme yang ditunjukan dengan rhitung 0,662 > rtabel 0,176 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan efektif 28,9%, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersamaan antara pemahaman sejarah nasional Indonesia, minat belajar sejarah, dan kesadaran sejarah dengan sikap nasionalisme ditunjukan dengan rhitung 0,780 > rtabel 0,176 dengan Fhitung 66,119 > Ftabel 3,07dengan total sumbangan efektif 60,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman sejarah nasional Indonesia, Minat belajar sejarah, Kesadaran sejarah, Sikap nasionalisme
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 May 2018 03:12
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57016

Actions (login required)

View Item View Item