PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI ORANG TUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Safitri, Nur Endah (2018) PENGARUH INTENSITAS INTERAKSI ORANG TUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE-GUGUS IV KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
NUR ENDAH SAFITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penyesuaian diri dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah intensitas interaksi orang tua dan interaksi teman sebaya. Oleh karena itu,penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh intensitas interaksi orang tua terhadap penyesuaian diri siswa, (2) mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri siswa, dan (3) mengetahui pengaruh intensitas interaksi orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri siswa kelas V Sekolah Dasar se-gugus IV Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Teknik pengambilan data menggunakan skala psikologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar se-gugus IV Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, dengan jumlah populasi sebanyak 244 siswa. Sampel peneliltian yang digunakan sebanyak 152 siswa. Uji validitas yang digunakan menggunakan uji validitas konstruk, instrument dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli (expert judgment) kemudian diujicobakan pada responden dan dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikoleniaritas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada: (1) pengaruh intensitas interaksi orang tua terhadap penyesuaian diri menunjukkan hasil adjusted R square sebesar 0,210 dan p 0,000 dan memiliki sumbangan efektif sebesar 12,32%, (2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri menunjukkan hasil adjusted R square sebesar 0,399 dengan p 0,000 dan memiliki sumbangan efektif sebesar 33,58% dan, (3) pengaruh intensitas interaksi orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap penyesuaian diri menunjukkan hasil adjsuted R square sebesar 0,459 dengan p 0,000 sehingga sumbangan efektifnya 45,9%. Kata kunci : intensitas interaksi orang tua, interaksi teman sebaya, penyesuaian diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 May 2018 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57013

Actions (login required)

View Item View Item