PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBUATAN PERATURAN KELAS SECARA KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BEJI, WATES, KULON PROGO

Kurniasih, Diah Nuri (2018) PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBUATAN PERATURAN KELAS SECARA KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BEJI, WATES, KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Diah Nuri Kurniasih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pembuatan peraturan kelas secara kooperatif pada siswa kelas V SD Negeri Beji, Wates Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa di SD Negeri Beji, Wates, Kulon Progo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif menggunakan model Milies & Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan deskriptif kantitatif menggunakan rumus presentase untuk mengukur kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan peraturan secara kooperatif telah diakukan dengan tahapan yang sesuai. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa melalui pembuatan peraturan kelas secara kooperatif dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kedisiplinan siswa berdasarkan hasil observasi dari siklus I dengan rata-rata 62.03 meningkat menjadi 77.99 pada siklus II dengan presentase kebberhasilan meningkat dari 16.63% menjadi 88.58%. Sedangkan berdasarkan angket kedisiplinan menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 48.38% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Kata kunci : kedisiplinan siswa, peraturan secara kooperatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 May 2018 07:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57012

Actions (login required)

View Item View Item