IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

Sari, Amelia Astri Mutiara (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
AMELIA ASTRI MUTIARA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program sekolah ramah anak dengan mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum yang meliputi ketersediaan dokumen kurikulum Sekolah Ramah Anak (SRA), perencanaan pendidikan, proses pembelajaran, dan penilaian hasil belajar yang mengacu pada pemenuhan hak anak di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru koordinator program SRA, dan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk meneliti keabsahan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersedia dokumen kurikulum yang berbasis hak anak berupa papan visi misi sekolah, deklarasi SRA, plakat SRA, poster yang ramah anak berisi himbauan dan larangan, rencana dan surat keterangan SRA. Perencanaan pendidikan yang efektif dengan adanya RPP berbasis hak anak dimana memperhitungkan segala aspek berupa alokasi waktu, jenis kegiatan, kondisi siswa, jumlah siswa,serta kondisi lingkungan kelas yang mendukung pembelajaran. Adanya RPP yang ramah anak dan kondisi lingkungan yang mendukung mampu berkontribusi dalam terlaksananya proses pembelajaran yang memenuhi hak anak tentunya didukung oleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Fasilitas sekolah antara lain berupa ruang belajar indoor dan outdoor, media pembelajaran, dan kelengkapan fasilitas dalam kelas. Selain itu, kriteria keberhasilan pembelajaran yang ramah anak adalah terlaksananya penilaian pendidikan dengan melaksanakan penilaian otentik serta menerapkan ragam bentuk penilaian meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor. Kata kunci: sekolah ramah anak, hak anak, pelaksanaan kurikulum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 May 2018 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 16:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57011

Actions (login required)

View Item View Item