PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGENSARI YOGYAKARTA

Sari, Fitri Cahya (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI LANGENSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitri Cahya Sari.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan multimedia pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri Langensari di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Langensari kota Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis deskripsi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian menulis. Adapun teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data secara kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata hasil keterampilan menulis deskripsi pada setiap pertemuan dan setiap siklus. Analisis data secara kualitatif dengan mendeskripsikan rata-rata hasil keterampilan menulis deskripsi menggunakan alur yang terdiri dari proses pengumpulan data, pengolahan data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi sebagai berikut : nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi siswa pada kondisi awal sebesar 60,00, pada siklus I meningkat 8,73 menjadi 68,73, dan pada siklus II meningkat 11,64 menjadi 80,37. Pencapaian KKM pada pratindakan sebanyak 5 siswa atau 23,80%, pada siklus I siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 12 siswa atau 57,14%, dan pada siklus II siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 17 siswa atau 80,95% dari 21 siswa. Hasil observasi melalui catatan lapangan menunjukkan pada pratindakan siswa tidak aktif dan cenderung sebagai objek dalam pembelajaran, pada siklus I mulai terlihat beberapa siswa aktif dalam pembelajaran, dan pada siklus II pembelajaran menjadi menyenangkan dan aktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dinilai dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Kata Kunci : keterampilan menulis deskripsi, multimedia pembelajaran, SD Negeri Langensari Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item