PROSES REGULASI EMOSI PADA REMAJA PELAKU SELF INJURY

Liba S Takwati, Liba (2018) PROSES REGULASI EMOSI PADA REMAJA PELAKU SELF INJURY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Liba S Takwati_13104244009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku self injury pada remaja. Berawal dari hasil observasi di salah satu SMA di Jawa Barat meunjukkan 3 dari 36 siswa terindikasi melakukan self injury. Self injury berhubungan dengan regulasi emosi yang dimiliki remaja, dikarenakan respon emosional seseorang dapat membawa dirinya ke arah yang salah dan emosi yang dirasakan tidak sesuai dengan situasi. Oleh karena itu, peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui proses regulasi emosi pada remaja pelaku self injury. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek dipillih secara purposif yang berjumlah 2 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan proses regulasi emosi dari subjek IM dan II. Fase awal, pemillihan situasi kedua subjek memilih menyendiri dan menghayati rasa sakit hatinya sendiri. Fase kedua, perubahan situasi tidak dilakukan oleh kedua subjek. Fase ketiga, pengalihan perhatian yang dilakukan kedua subjek dengan merusak atau membanting untuk meluapkan emosinya. Fase keempat, perubahan kognitif kedua subjek berfikir bahwa rasa sakit harus dialihkan dalam bentuk luka fisik. Fase terakhir, perubahan respon kedua subjek melakukan self injury dengan menyayat penggelangan tangannya dan merasa puas. Kata kunci : self injury, regulasi emosi, remaja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 15 May 2018 04:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57002

Actions (login required)

View Item View Item