MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DENGAN METODE MIND MAPPING (PEMETAAN PEMIKIRAN) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN

Desi Rahmy Astuti, Desi (2018) MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DENGAN METODE MIND MAPPING (PEMETAAN PEMIKIRAN) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DESI RAHMY ASTUTI_10104244005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan daya ingat siswa dengan menggunakan metode mind mapping kelas VIII MTs Negeri Godean. Metode mind mapping diharapkan dapat meningkatan daya ingat siswa dalam menerima dan memunculkan kembali hasil belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih berkembang dan memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII C MTs Negeri Godean. Objek dalam penelitian ini adalah daya ingat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus Pada siklus pertama terdiri atas 3 tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas 2 tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target dari hasil penelitian ini yaitu peningkatan daya ingat anak dengan nilai 80 yang berarti daya ingat yang dimiliki anak memiliki kategory sangat baik. Pada kondisi awal, daya ingat anak diperoleh dari hasil pretest mendapatkan rata-rata nilai 59,5 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, peningkatan daya ingat diperoleh dari hasil test mendapatkan rata-rata nilai 68,8 dengan kategori baik. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan melalui test dengan mendapatkan nilai rata-rata mencapai 81,2 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping yang dijelaskan dengan menyebutkan ciri-ciri dari gambar yang terkait dapat meningkatkan daya ingat. Kata kunci: daya ingat, media mind mapping, Siswa kelas VIII C

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 15 May 2018 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56999

Actions (login required)

View Item View Item