HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Dian Septika Rini, Dian (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_DIAN SEPTIKA RINI_13104241055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (3) hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dan pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 189 orang menggunakan teknik quota sample. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa skala persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga, persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua, dan kepercayaan diri siswa. Uji normalitas menunjukkan ketiga variabel memiliki distribusi normal, yaitu nilai signifikansi >0,05. Uji linearitas menunjukkan nilai signifikansi 0,236 pada variabel persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dan nilai signifikansi 0,184 pada variabel persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua, sehingga penelitian ini linear. Uji hipotesis menggunakan analisis Corelasional Product Moment dan analisis korelasi berganda dengan bantuan SPSS for Windows seri 24. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai signifikansi 0,000; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai signifikansi 0,000; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dan pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai Sig.F Change sebesar 0,000 dan nilai R=0,463. kata kunci: persepsi, keharmonisan keluarga, pola asuh, authoritative, kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 May 2018 08:27
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56997

Actions (login required)

View Item View Item