EFEKTIVITAS METODE REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Hana Gilang Sukmawati, Hana (2018) EFEKTIVITAS METODE REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode reward untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Bentuk penelitian adalah desain eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain ex post facto, yang dilaksanakan pada bulan awal Mei 2017 sampai awal Juni 2017. Tempat penelitian di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan subyek menggunakan Purposive Sampling. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Permesinan sebanyak 62 siswa yang terbagi menjaadi 2 kelas yaitu kelas kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas kelompok kontrol yang berjumlah 31 siswa. Sumber data penelitian menggunakan data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui skala, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan skala motivasi belajar yang telah dilakukan uji validitas internal dan reliabelitas alpha dengan α = 0,942 yang berarti memiliki reliabelitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji Paired t-test dan uji Independent t-test. Penelitian ini kelompok eksperimen diberi perlakuan metode reward 19 kali petemuan. Dari hasil analisis diperoleh hasil yaitu peningkatan motivasi belajar yang signifikan siswa yang menggunakan metode reward. Diperoleh t hitung = -22,938 lebih kecil (karena bilangan negatif sehingga lebih kecil) dari t tabel = -2,042 dan nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode reward efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Permersinan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan saran kepada kepala sekolah agar senantiasa memberi dukungan serta memfasilitasi pelaksanaan metode reward dan kepada guru bidang studi agar sebaiknya menggunakan metode reward pada KBM. Kata Kunci: motivasi belajar, metode reward

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 May 2018 08:09
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56995

Actions (login required)

View Item View Item