STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) PADA USAHA PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL DI SCUDETTO FUTSAL BANYUWANGI

Raharjo, Rido Insan (2018) STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS STRENGTH WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT (SWOT) PADA USAHA PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL DI SCUDETTO FUTSAL BANYUWANGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rido Insan Raharjo.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi pemasaran usaha penyewaan lapangan futsal Scudeto melalui analisis SWOT. Dalam menentukan strategi pemasaran perlu diketahui faktor internal dari kekuatan dan kelemahan, faktor eksternal dari peluang dan ancaman. Desain yang digunakan Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah manajer perusahaan, karyawan dan konsumen. Sampel penelitian ini adalah manajer, karyawan dan konsumen di Scudetto Futsal Banyuwangi dengan jumlah tujuh orang. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis lingkungan internal memiliki kekuatan antara lain yaitu lokasi yang strategis, produk berkualitas unggulan, produk beragam, harga yang terjangkau, dan pelayanan yang ramah. Sedangkan kelemahannya karyawan datang terlambat, dan minimnya pemasaran. Pada kondisi eksternal, peluang yang dimiliki meningkatnya permintaan konsumen, peluang pasar yang luas, meningkatkan pemasaran melalui media sosial, dan kualitas produk diakui konsumen. Ancaman yang dihadapi yaitu adanya pesaing yang sama, pesaing memberikan harga miring, dan mulai tumbuh perusahaan yang baru. Strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan membuka cabang baru, mengintensifkan promosi pada pasar, menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi, dan memberikan fasilitas berupa locker room agar konsumen merasa lebih aman dalam menyimpan barangnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, analisis SWOT
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 May 2018 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56992

Actions (login required)

View Item View Item