EFEKTIVITAS TEKNIK KURSI KOSONG DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BANTUL

Azis Suryaman, Azis (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK KURSI KOSONG DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI VERBAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_AZIS SURYAMAN_BK_13104244014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik kursi kosong dalam konseling kelompok untuk meningkatkan komunikasi verbal pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul yang berjumlah 186 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan didapat sampel sebanyak 12 siswa, yang terdiri dari 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpul data utama berupa skala komunikasi verbal, sedangkan alat pengumpul data tambahan berupa lembar observasi. Penelitian ini memberi perlakuan berupa konseling kelompok teknik kursi kosong untuk kelompok eksperimen dan layanan bimbingan klasikal seperti biasa untuk kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t independent sample t-test dan paired sample t-test melalui aplikasi SPSS for Windows 21.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat komunikasi verbal siswa kelompok eskperimen yaitu 142,6667 pada pretest, dan 150,6667 pada posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikasi 0,007 < 0,05 pada pretest, dan nilai signifikasi 0,623 < 0,05 pada posttest. Pengujian tersebut berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pada uji t paired sample t-test diperoleh nilai sig. 0,005 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik kursi kosong dalam komunikasi verbal efektif untuk meningkatkan komunikasi verbal pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bantul. Kata kunci: komunikasi verbal, teknik kursi kosong.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 May 2018 05:03
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56991

Actions (login required)

View Item View Item