PENGARUH KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI ULANGAN AKHIR SEMESTER PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Fauzi Satria Perdana, Fauzi (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI ULANGAN AKHIR SEMESTER PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_FAUZI SATRIA PERDANA_BK_13104241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasaan emosi terhadap kecemasan menghadapi ulangan akhir semester pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta. Peneliti membatasi penelitian ini hanya pada mencari seberapa pengaruh kecerdasaan emosi terhadap kecemasan menghadapi ulangan akhir semester. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala tingkat kecerdasan emosi dan skala kecemasan menghadapi ulangan akhir semester. Uji validitas melalui validasi ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan koefesien 0,911 pada skala kecerdasan emosi dan 0,935 pada skala kecemasan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 227. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil kategorisasi tingkat kecerdasan emosi sebanyak 133 siswa (58,6%) memiliki tingkat kecerdasan emosi yang tinggi, sedangkan 94 siswa (41,4%) memiliki tingkat kecerdasan emosi sedang. 2) Berdasarkan hasil kategorisasi tingkat kecemasan sebanyak 5 siswa (2,2%) memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, sedangkan 59 siswa (25,9%) memiliki tingkat kecemasan sedang, dan sebanyak 163 siswa (71,8%) memiliki tingkat kecemasan yang rendah. 3) Kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kecemasan siswa, Konstanta sebesar 223,424 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai kecerdasan emosi maka nilai kecemasan sebesar 223,424. Koefisien X sebesar (-0,492) menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai kecerdasan emosi maka nilai kecemasan bertambah -0,492 Kata kunci : kecerdasan emosi, kecemasan, siswa kelas X SMK Negeri 3 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 May 2018 04:49
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56989

Actions (login required)

View Item View Item