PENGEMBANGAN INVENTORI PENELUSURAN MINAT PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP/MTs)

Sri Agesti Wulansari, Agesti (2018) PENGEMBANGAN INVENTORI PENELUSURAN MINAT PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP/MTs). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skirpsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inventori penelusuran minat bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan pada April sampai Mei 2017. Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli yang berkompeten (Expert) dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Candiroto Temanggung, pengambilan subjek dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan penilaian ahli dan penilaian siswa. Prosedur pengembangan inventori penelusuran minat peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) mengacu pada langkah-langkah penyusunan skala psikologis dari Saifuddin Azwar.Teknik analisis data untuk validitas isi yaitu dengan menggunakan penilaian ahli yang berkompeten (Expert Judgemnt). Untuk menghitung validitas item digunakan teknik korelasi item total Product Moment Pearson sedangkan untuk menghitung reliabilitas digunakan teknik analisis Alpha Cronbach. Hasil kualitatif berupa masukan dan saran dari siswa dan ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa inventori penelusuran minat telah layak digunakan setelah revisi sesuai saran dari ahli. Uji coba tahap I yaitu pada siswa kelas VIII sebanyak 30 siswa didapatkan hasil koefisiensi reliabilitas sebesar 0.950 dan menunjukkan item mudah dipahami tetapi jumlah item terlalu banyak. Dari 189 item terdapat item yang gugur sebanyak 43 item. Item dinyatakan gugur jika nilai koefisiensi korelasi item total ≤0.30. Uji coba tahap II yang dilakukan pada 60 siswa kelas VIII didapatkan hasil koefisiensi reliabilitas 0.949. Dari total jumlah item sebanyak 126 terdapat item yang gugur sebanyak 9 item. Format akhir inventori penelusuran minat peserta didik sekolah menengah pertama menghasilkan 110 item yang valid dan reliabel sehingga layak digunakan sebagai instrumen. Kata kunci: pengembangan, inventori minat, siswa sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 14 May 2018 04:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56988

Actions (login required)

View Item View Item