MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS IVA SDN NGENTAKREJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Mujiastuti, Fira (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS IVA SDN NGENTAKREJO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fira Mujiastuti.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode guided discovery learning siswa kelas IVA SDN Ngentakrejo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Ngentakrejo yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Setting penelitian mengambil tempat di kelas IVA SDN Ngentakrejo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumantasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA melalui metode guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SDN Ngentakrejo. Peningkatan hasil belajar IPA ditandai dengan meningkatnya nilai hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, dari sebelum tindakan ke siklus II berturut-turut adalah kognitif (persentase ketuntasan 41,67% dengan rata-rata 60,625 menjadi persentase katuntasan 83,33% dengan rata-rata 71,04), afektif (dari kategori cukup menjadi baik sekali), dan psikomotor (dari kategori kurang menjadi baik sekali). Kata kunci: discovery, IPA, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item View Item