PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA KELAS III SD SE-GUGUS IV KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Pangastuti, Pramudita Apriani (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA KELAS III SD SE-GUGUS IV KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pramudita Apriani Pangastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap rasa ingin tahu siswa kelas III SD se-gugus IV kecamatan Godean kabupaten Sleman tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD se-gugus IV kecamatan Godean yang berjumlah 123 dengan sampel berjumlah 94 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan mengelola kelas berpengaruh signifikan terhadap rasa ingin tahu siswa, ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,170.Hasil koefisien regresi bernilai positif yang menyatakan bahwa semakin tinggi nilai keterampilan mengelola kelas maka semakin tinggi pula nilai rasa ingin tahu siswa. Kata kunci: keterampilan mengelola kelas, rasa ingin tahu siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 May 2018 05:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56976

Actions (login required)

View Item View Item