Efektivitas Guided Discovery Learning dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Self-confidence Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baubau

Windani, Irawati (2018) Efektivitas Guided Discovery Learning dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, dan Self-confidence Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baubau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irawati-windani-15709251016.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan guided discovery learning dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan self-confidence siswa kelas X di SMK Negeri 1 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian untuk memperoleh data terkait prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan self-confidence siswa menggunakan one-group-pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Baubau, Kota Baubau, Propinsi Sulawesi Tenggara semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak sehingga diperoleh kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) 1. Kelas X Jurusan AP 1 diberi perlakuan berupa guided discovery learning dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika sebanyak 15 butir soal, soal berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan penalaran sebanyak 3 butir soal, dan angket untuk mengukur self-confidence siswa sebanyak 30 butir penyataan. Pembelajaran matematika dengan guided discovery learning dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikatakan efektif ditinjau dari : (1) prestasi belajar matematika, jika nilai rata-rata posttest lebih dari pretest dan proporsi siswa yang mencapai nilai minimal 70 lebih dari 70%; (2) kemampuan penalaran matematika, jika nilai rata-rata posttest lebih dari pretest dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 70%; dan (3) self-confidence, jika nilai rata-rata skor angket akhir lebih dari skor angket awal dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 70%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan guided discovery learning dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif diterapkan di kelas X SMK Negeri 1 Baubau, ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan self-confidence siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guided discovery learning, STAD, prestasi belajar, penalaran, self-confidence.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2018 04:19
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56974

Actions (login required)

View Item View Item