PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN BERBASIS MOBILE APPLICATION DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Khoirunningsih, Epy (2018) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEARSIPAN BERBASIS MOBILE APPLICATION DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
11520241024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menghasilkan sistem informasi kearsipan berbasis mobile application di Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat kelayakan perangkat lunak berdasarkan standar ISO 25010 dari aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model-V yang terdiri dari tahap pengembangan yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) analisis spesifikasi, (3) desain, (4) implementasi. Dan tahap pengujian: (5) unit testing, (6) integration testing, (7) system testing, (8) acceptance testing. Subjek penelitian untuk menguji aspek functional suitability, performance efficiency, dan compatibility adalah sistem informasi kearsipan berbasis mobile application. Sedangkan untuk subjek penelitian aspek usability adalah pegawai arsip surat di Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu sejumlah 14 responden. Metode dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan sistem informasi kearsipan berbasis mobile application menggunakan software Android Studio dan telah melalui tahap pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan model-V dan uji kualitas software berdasarkan standar ISO 25010, (2) hasil pengujian perangkat lunak diperoleh nilai aspek functional suitability sebesar 100% (sangat baik), pengujian aspek performance efficiency dan compatibility sebesar 100% (sangat baik), pengujian usability sebesar 82% (sangat layak) dan koefisien alpha cronbach 0.95 dengan kategori excellent. Dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem informasi kearsipan berbasis mobile application sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, research and development, model-V, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2018 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56957

Actions (login required)

View Item View Item