PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PAKET WISATA DI WISATA TIRTA WOLULAS DI DUSUN PONGGALAN, GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Rahma, Fitriyani Imanisa (2018) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PAKET WISATA DI WISATA TIRTA WOLULAS DI DUSUN PONGGALAN, GIWANGAN, UMBULHARJO, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Firstyani.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata di Wisata Tirta Wolulas di Dusun Ponggalan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta untuk mempermudah proses pemesanan paket wisata maupun pengelolaan data yang berkaitan dengan Wisata Tirta Wolulas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan Waterfall yang terdiri dari lima tahap yaitu Communication, Planning, Modeling, Construction, Deployment. Tahap Communication merupakan tahap penggalian masalah. Tahap Planning merupakan tahap perencanaan pengembangan sistem. Tahap Modeling dilakukan dengan merepresentasikan informasi teknis dari sistem. Tahap Construction dilakukan dengan pengkodean dan pengujian dengan standar ISO 25010 pada aspek usability, functional suitability, reliability, dan performance efficiency. Tahap Deployment dilakukan dengan pendistribusian perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata di Wisata Tirta Wolulas Yogyakarta merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mempermudah proses pemesanan paket wisata maupun pengelolaan data yang berkaitan dengan Wisata Tirta Wolulas. (2) Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem ini memenuhi aspek usability dengan skor 82,38% (sangat layak) dan skor Alpha Cronbach sebesar 0,914 (sangat baik), aspek functional suitability sebesar 1 (baik), aspek reliability dengan skor 98,83% (lolos), dan aspek performance efficiency menghasilkan skor rata-rata PageSpeed 98% dan YSlow 92% serta waktu loading rata-rata sebesar 1,2 detik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemesanan paket wisata, waterfall, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2018 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56956

Actions (login required)

View Item View Item