PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Tri Fatmawati, Bangkit (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS SERAT TEKSTIL BUATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk: 1) menerapkan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta; 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta; 3) membuktikan model pembelajaran jigsaw membuat partisipasi siswa menjadi aktif dalam bertanya dan berpendapat pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta; 4) membuktikan model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan kelas X Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang desain siklusnya menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X Tata Busana 1 di SMK Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan dokumentasi. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yaitu meminta pertimbangan dosen pembimbing dan guru lalu melakukan uji empirik dan pembuktian reliabilitas menggunakan rumus KR 20. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: 1) penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil khususnya pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: a) kegiatan awal yang berisi tentang mempersiapkan peserta didik dan seperangkat pembelajaran, b) kegiatan inti yaitu peserta didik berdiskusi mengenai materi yang telah diberikan, c) kegiatan penutup melakukan tes pilihan ganda kepada peserta didik serta membahas kesimpulan materi yang diberikan.; 2) model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil pada kompetensi menganalisis serat tekstil buatan; 3) model pembelajaran jigsaw mampu membuat partisipasi siswa menjadi aktif bertanya dan berpendapat; 4) model pembelajaran jigsaw terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil khususnya pada kompetensi menganalisis serat ekstil buatan yang mengalami peningkatan hasil belajar dari kondisi awal sebesar 53,125% dengan rata-rata nilai 66,72 menjadi 78,125% dengan rata-rata nilai 78,59 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% dengan rata-rata nilai 88,44 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pengetahuan Bahan Tekstil, Jigsaw
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 May 2018 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56954

Actions (login required)

View Item View Item