PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN KEMEJA PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI UNTUK SISWA KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 3 KLATEN

Yashinta Ajeng, Setyaayu Raharjanti (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN KEMEJA PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI UNTUK SISWA KELAS XI BUSANA SMK NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TA Skripsi_Yashinta Ajeng Setyaayu Raharjanti_13513244007.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembuatan kemeja pada mata pelajaran pembuatan busana industri untuk siswa kelas XI semester genap di SMK Negeri 3 Klaten. 2) mengetahui kelayakan modul pembuatan kemeja pada mata pelajaran pembuatan busana industri untuk siswa kelas XI semester genap di SMK Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development / penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 langkah pengembangan, yaitu: 1) analisis kebutuhan produk, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba skala kecil dan 5) uji coba skala besar dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juli 2017,subjek penelitian yaitu 2 orang ahli materi dan bahan ajar, uji coba skala kecil 10 siswa, serta pada uji coba skala besar 32 siswa. Validitas menggunakan validitas isi dan reliabilitas menggunakan Cohen’s Kappa dengan hasil 0,785 kategori kuat. Teknik analisis data menggunakan statistik deksriptif. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) berupa produk modul pembuatan kemeja yang dihasilkan dari melakukan reseach awal tentang kemeja, mengembangkan produk awal, membuat draft modul, validasi ahli kategori sangat layak 2) uji coba skala kecil, melibatkan 10 siswa diperoleh mean 267 (90 %) dalam kategori sangat layak. Uji coba skala besar, melibatkan 32 siswa diperoleh mean 269 (81,25%) dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh modul pembuatan kemeja yang layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul, kelayakan Modul, Kemeja Industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 May 2018 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56942

Actions (login required)

View Item View Item