Ahmad Nur Yazid, Ahmad Nur Yazid (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan Individu_Ahmad Nur Yazid_14202241058.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi negeri yang berbasis untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa program studi pendidikan pada salah satu mata kuliah yaitu Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta secara terbimbing dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September 2017 hingga 16 November 2017 yang berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. Nitikan No.48, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang dilakukan secara terbimbing pada kondisi di lapangan yang sesungguhnya. Sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan kelak menjadi bekal untuk mahasiswa dalam dunia kerja, yaitu khususnya menjadi tenaga pendidik di masa mendatang. Tidak hanya menjadi tenaga pendidik yang dapat melakukan kegiatan pembelajaran saja namun menjadi tenaga pendidik yang profesional dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran dan mendidik peserta didik. Dalam kegiatan Pembelajaran di dalam kelas perlu dilakukan persiapan diantaranya penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), menentukan metode, media pembelajaran dan instrumen pembelajaran. Mata pelajaran yang diampu untuk kelas XI MM 1 adalah Bahasa Inggris Sesuai Bidang Keahlian, Bahasa Inggris Dasar untuk kelas X-A, X-C, X-D. Progam-program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Bahasa Inggris dan dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PLT ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masingmasing. Tidak hanya itu untuk menjadi pendidik untuk mengembangan moral bangsa dan karakakter peserta didik juga sangat diperlukan ide-ide dan metode baru dalam mendidik, karena semakin kesini tiap angkatan peserta didik memiliki perbedaan besar terutama dalam moral dan karakter. Tentu, keberhasilan pelaksanaan PLT ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, sehingga PLT dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UNY, PLT, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 May 2018 00:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56937 |
Actions (login required)
View Item |