STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE CTL DAN METODE KONVENSIONAL DI SD N 2 KLAPASAWIT DAN SD N 2 KALIMANAH WETAN

Utomo, Eko Waluyo Budi (2012) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE CTL DAN METODE KONVENSIONAL DI SD N 2 KLAPASAWIT DAN SD N 2 KALIMANAH WETAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eko Waluyo Budi Utomo.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika pokok balrasan bangun geometri dengan menggunakan metode contextual teaching and learning dan metode konvensional di SD Negeri 2 Kalimanah Wetan dan SD Negeri 2 Klapasawit. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimanah Wetan dan SD Negeri 2 Klapasawit. Objek penelitian ini adalatr hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimanah Wetan dengan menggunakan metode CTL yang berperan sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Klapasawit dengan menggunakan metode konvensional yang berperan sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa instrumen tes, wawancara dan dokumentasi sehingga instrument yang digunakan adalah instrument tes kognitif dan pedomamn wawancara. Uji validitas dan realibilitas dilakukan terhadap instrument tes unfuk mengetatrui kevalidan dan keajegan instrument. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t dan Mann- Whitney tes setelah sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas yang kemudian ditarik kesimpulan dari data hasil perhitungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Klapasawit sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimanah Wetan sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan metode contextual teaching and learning. Hasil tersebut didasarkan pada hasil perhitungan uji-t pada post-test dengan p-value sebesar 0,000, di mana p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 5%. Untuk hasil rerata pre-test kelompok control sebesar 12 dankelompok eksperimen sebesar 12,05263158. Kemudian untuk hasil post-test kelompok kontrol sebesar 13,57894737 dan kelompok eksperimen sebesar 17,05263158. Kata kunci : hasil belajar matematika, metode kovensional, contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Sep 2012 08:26
Last Modified: 29 Jan 2019 16:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item View Item