Penerapan Metode Kolaborasi Pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati Gaya Yogyakarta Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Luar Jawa di Prodi Seni Tari UNY

Frianto, Otok (2018) Penerapan Metode Kolaborasi Pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati Gaya Yogyakarta Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Luar Jawa di Prodi Seni Tari UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-otok-fitrianto-15724251013.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan: (1) mengetahui penerapan metode kolaborasi pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati klasik gaya Yogyakarta untuk meningkatan prestasi belajar mahasiswa luar Jawa di Prodi Pendidikan Seni Tari UNY. (2) menunjukan efektifitas penerapan metode kolaborasi pembelajaran Beksan Srikandi Suradewati klasik gaya Yogyakarta untuk peningkatan prestasi belajar mahasiswa luar Jawa di Program Studi Pendidikan Seni Tari UNY. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan data kuantitatif eksperimen. Penelitian ini di laksanakan pada bulan September sampai dengan bulan Desember 2016 dengan dua kelas yang memiliki kemampuan setara dan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu metode pembelajaran klasik di kelas kontrol, metode pembelajaran kolaborasi di kelas eksperimen. target populasi penelitian adalah mahasiswa dari luar Jawa yang belajar di Prodi Seni Tari UNY. Validitas dilakukan oleh dua orang exspert judgemen Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner berupa angket kepada mahasiswa dan performance test berupa tes praktek. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode kolaborasi efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam mempelajari Beksan Srikandi Suradewati gaya Yogyakarta bagi mahasiswa luar Jawa di Prodi Pendidikan Seni Tari UNY. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen dengan metode kolaborasi memiliki nilai rata-rata sebesar 77,75, sedangkan nilai rata-rata mahasiswa kelas kontrol menggunakan metode klasik sebesar 71,75.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode ko laborasi, Beksan Srikandi Suradewati klasik gaya Yogyakarta
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2018 02:34
Last Modified: 09 May 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56912

Actions (login required)

View Item View Item