EFEKTIVITAS MEDIA BALOK CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3, NGAGLIK, SLEMAN YOGYAKARTA

Safitri, Insan Utami (2014) EFEKTIVITAS MEDIA BALOK CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3, NGAGLIK, SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241021_SAFITRI INSAN UTAMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media balok cuisenaire dalam meningkatkan kemampuan berhitung operasi pengurangan pada siswa D kelas II di SLB Wiyata Dharma 3, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan subyek penelitian tunggal atau biasa disebut Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A. Subjek penelitian merupakan siswa tunagrahita kategori ringan kelas dasar II yang berjumlah satu anak yakni D. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan observasi. Data yang di peroleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung operasi pengurangan 1-10. Proses pembelajaran dengan media balok cuisenaire berjalan sesuai dengan rencana. Penggunaan media balok cuisenaire memberikan pengaruh positif yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung selisih antara bilangan besar dengan bilangan yang lebih kecil. Hal ini didukung dengan kenaikan perolehan skor yang cukup signifikan dari pertemuan pertama pada tahap baseline 1 hingga pertemuan terakhir pada tahap baseline 2 berada pada rentang 16-36. Dalam tahap intervensi siswa mampu menggunakan media balok cuisenaire dikarenakan selama tahap ini siswa aktif dan antusias dalam mengikuti instruksi cara menggunakan media dengan disusun ke atas dan dijajarkan ke samping. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa penggunaan media balok cuisenaire efektif meningkatkan kemampuan berhitung operasi pengurangan 1-10 pada subyek D. Hal tersebut didukung oleh bertambahnya perolehan skor serta menurunnya intensitas ketergantungan subjek pada bantuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 May 2018 03:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56891

Actions (login required)

View Item View Item